Sabtu, 17 Mei 2014

RPP IPA










Tugas ini diajukan untuk memenuhi sebagian
tugas matakuliah  Pembelajaran IPA

Di Susun Oleh :

                                          Nama                     :  Umi Salamah
                                          NIRM                    : 1209.11.06492
Lokal / semester     :  A / V
Prodi                      :  S1-PGMI
Dosen pengampu   :  Hj. Mispawati, S.Pd, M.Pd

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2013/2014














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah        :  SD 009 Tembilahan
Mata Pelajaran        :  IPA
Kelas / Semester     :  VI / II (Dua)
Pertemuan               :  I (Pertama)
Alokasi Waktu        :  2 x 35 Menit

I.             Standar Kompetensi
1.               Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

II.          Kompetensi Dasar
1.1           Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusunan tata surya

III.       Indikator
1.1.1  Menjelaskan pengertian matahari, planet-planet yang beredar mengelilingi matahari, dan benda-benda langit yang lain
1.1.2     Mengenal sebutan dari planet-planet yang beredar mengelilingi matahari
1.1.3     Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya

IV.       Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik, mampu:
-  Menjelaskan pengertian matahari, planet-planet yang beredar mengelilingi matahari, dan benda-benda langit yang lain
-          Mengenal sebutan dari planet-planet yang beredar mengelilingi matahari
-          Mendeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya

V.          Materi Pembelajaran

A.    Tata Surya
      Matahari merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Oleh karena itu, matahari disebut juga sumber cahaya atau bintang. Sebelumnya kita telah mengenal sembilan planet yang mengiringi matahari. Kesembilan planet tersebut ialah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
      Berdasarkan peraturan baru tentang pengertian planet tersebut, Pluto tidak lagi dimasukkan ke dalam golongan planet. Hal ini disebabkan orbit Pluto bersinggungan dengan orbit Neptunus. Jadi, tata surya kini hanya memiliki delapan planet yang mengelilingi matahari.
      Di angkasa, banyak sekali benda-benda langit berukuran kecil yang tidak mempunyai lintasan tertentu. Benda-benda ini bergerak bebas di angkasa dengan kecepatan tinggi. Benda ini disebut meteoroid. Meteoroid yang berpijar saat memasuki atmosfer sehingga tampak seperti lintasan cahaya dinamakan meteor. Sedangkan meteoroid yang sampai di permukaan bumi disebut meteorit.
      Komet ialah benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar atau orbit yang berbentuk sangat lonjong.
      Asteroid atau planetoid ialah benda-benda langit berukuran kecil yang mengelilingi matahari pada lintasan tertentu.
      Satelit sering disebut pengiring planet karena satelit selalu menemani (mengiringi) planet mengelilingi matahari. Ada dua jenis satelit, yaitu satelit alam dan satelit buatan.









PETA KONSEP
TATA SURYA
 




Dibentuk oleh berbagai
 benda langit, yaitu:


























































































 


VI.       Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Simulasi
-          Permainan
-          Tanya jawab

VII.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi
-          Salam dan do’a
-          Absensi
-          Kesiapan kelas dan melakukan kesepakatan
·         Motivasi
-          Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
-          Informasi kompetensi yang akan dicapai

2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
-          Guru menanyakan kesiapan siswa untuk menerima pelajaran
-          Guru menggali potensi siswa/i mengenai mata pelajaran
b.      Elaborasi
-          Guru menjelaskan materi tentang tata surya
-          Siswa/i diminta untuk menyimak dan memahami penjelasan materi yang disampaikan oleh guru
-          Guru meminta beberapa siswa/i untuk memperagakan posisi tata surya di depan kelas
-          Guru memberikan papan nama yang terdiri dari matahari dan planet-planet yang mengitarinya kepada beberapa siswa/i yang telah dipilih
-          Guru menjelaskan posisi tata surya sesuai dengan peraga yang dilakukan oleh beberapa siswa/i
-          Siswa/i diminta untuk memperhatikan simulasi tentang posisi tata surya yang diperagakan oleh beberapa temannya di depan kelas
-          Guru mengadakan suatu permainan ke dalam simulasi yang diperagakan siswa/i tentang pengertian dan sebutan dari matahari serta planet-planet yang mengitarinya
-          Guru memberikan petunjuk / penjelasan yang berkaitan dengan permainan yang akan diadakan
-          Siswa/i diminta untuk mengingat kembali materi tentang pengertian dan sebutan dari matahari dan planet-planet yang mengitarinya
-          Guru meminta siswa/i untuk melafalkan kembali pengertian matahari dan planet-planet yang mengitarinya serta sebutannya satu persatu sesuai dengan papan nama yang diambil siswa/i
c.       Konfirmasi
-          Guru mempertegas penjelasan mengenai materi yang telah disampaikan
-          Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa/i 

3.      Kegiatan penutup
-          Guru membuat kesimpulan mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan
-          Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut (PR)
-          Guru melakukan evaluasi
-          Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

VIII. Alat / Sumber Belajar
         Alat        : Laptop, OHP, kertas karton
         Sumber   :
-          Buku Sains SD kelas VI
-          Buku-buku yang relevan
-          Pengalaman guru
-          Lingkungan sekitar
                       
IX.       Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusunan tata surya
Tes tertulis
Tes uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Apa yang dimaksud dengan matahari?
2.      Sebutkan planet-planet dan benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari!
3.      Jelaskan pengertian dari:
a.  Meteor
b. Komet
c.  Asteroid


Menyetujui /Mengetahui                                                 Tembilahan, 16 November 2013
      Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran


M. IZZUDDIN, S.Pd.I                                                               UMI SALAMAH  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar