Tugas ini
diajukan untuk memenuhi sebagian
tugas
matakuliah Pembelajaran IPA
Di Susun Oleh :
Nama : Umi Salamah
NIRM : 1209.11.06492
Lokal /
semester : A / V
Prodi : S1-PGMI
Dosen pengampu : Hj.
Mispawati, S.Pd, M.Pd
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2013/2014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SD 009 Tembilahan
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : VI / II (Dua)
Pertemuan : I
(Pertama)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami matahari sebagai pusat tata
surya dan interaksi bumi dalam tata surya
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan sistem tata surya dan
posisi penyusunan tata surya
III. Indikator
1.1.1 Menjelaskan
pengertian matahari, planet-planet yang beredar mengelilingi matahari, dan
benda-benda langit yang lain
1.1.2 Mengenal
sebutan dari planet-planet yang beredar mengelilingi matahari
1.1.3 Mendeskripsikan
posisi planet-planet dalam tata surya
IV. Tujuan
Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan ini
diharapkan peserta didik, mampu:
- Menjelaskan pengertian matahari,
planet-planet yang beredar mengelilingi matahari, dan benda-benda langit yang
lain
-
Mengenal sebutan dari planet-planet yang
beredar mengelilingi matahari
-
Mendeskripsikan posisi planet-planet
dalam tata surya
V.
Materi Pembelajaran
A.
Tata Surya
Matahari merupakan benda langit yang memancarkan cahaya
sendiri. Oleh karena itu, matahari disebut juga sumber cahaya atau bintang.
Sebelumnya kita telah mengenal sembilan planet yang mengiringi matahari.
Kesembilan planet tersebut ialah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter,
Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
Berdasarkan peraturan baru tentang pengertian planet tersebut,
Pluto tidak lagi dimasukkan ke dalam golongan planet. Hal ini disebabkan orbit
Pluto bersinggungan dengan orbit Neptunus. Jadi, tata surya kini hanya memiliki
delapan planet yang mengelilingi matahari.
Di angkasa, banyak sekali benda-benda langit berukuran kecil
yang tidak mempunyai lintasan tertentu. Benda-benda ini bergerak bebas di
angkasa dengan kecepatan tinggi. Benda ini disebut meteoroid. Meteoroid
yang berpijar saat memasuki atmosfer sehingga tampak seperti lintasan cahaya
dinamakan meteor. Sedangkan meteoroid yang sampai di permukaan bumi
disebut meteorit.
Komet ialah benda langit yang mengelilingi matahari
dengan garis edar atau orbit yang berbentuk sangat lonjong.
Asteroid atau planetoid ialah benda-benda langit
berukuran kecil yang mengelilingi matahari pada lintasan tertentu.
Satelit sering disebut pengiring planet karena
satelit selalu menemani (mengiringi) planet mengelilingi matahari. Ada dua
jenis satelit, yaitu satelit alam dan satelit buatan.
PETA KONSEP
TATA SURYA
|
Dibentuk
oleh berbagai
benda langit, yaitu:
VI. Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Simulasi
-
Permainan
-
Tanya jawab
VII. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi
-
Salam dan do’a
-
Absensi
-
Kesiapan kelas dan melakukan kesepakatan
·
Motivasi
-
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
-
Informasi kompetensi yang akan dicapai
2. Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
-
Guru menanyakan kesiapan siswa untuk
menerima pelajaran
-
Guru menggali potensi siswa/i mengenai
mata pelajaran
b.
Elaborasi
-
Guru menjelaskan materi tentang tata
surya
-
Siswa/i diminta untuk menyimak dan
memahami penjelasan materi yang disampaikan oleh guru
-
Guru meminta beberapa siswa/i untuk
memperagakan posisi tata surya di depan kelas
-
Guru memberikan papan nama yang terdiri
dari matahari dan planet-planet yang mengitarinya kepada beberapa siswa/i yang
telah dipilih
-
Guru menjelaskan posisi tata surya
sesuai dengan peraga yang dilakukan oleh beberapa siswa/i
-
Siswa/i diminta untuk memperhatikan
simulasi tentang posisi tata surya yang diperagakan oleh beberapa temannya di
depan kelas
-
Guru mengadakan suatu permainan ke dalam
simulasi yang diperagakan siswa/i tentang pengertian dan sebutan dari matahari
serta planet-planet yang mengitarinya
-
Guru memberikan petunjuk / penjelasan
yang berkaitan dengan permainan yang akan diadakan
-
Siswa/i diminta untuk mengingat kembali
materi tentang pengertian dan sebutan dari matahari dan planet-planet yang
mengitarinya
-
Guru meminta siswa/i untuk melafalkan
kembali pengertian matahari dan planet-planet yang mengitarinya serta
sebutannya satu persatu sesuai dengan papan nama yang diambil siswa/i
c.
Konfirmasi
-
Guru mempertegas penjelasan mengenai
materi yang telah disampaikan
-
Guru mengadakan tanya jawab dengan
siswa/i
3. Kegiatan
penutup
-
Guru membuat kesimpulan mengenai materi
pelajaran yang telah disampaikan
-
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut
(PR)
-
Guru melakukan evaluasi
-
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
VIII.
Alat / Sumber Belajar
Alat :
Laptop, OHP, kertas karton
Sumber :
-
Buku Sains SD kelas VI
-
Buku-buku yang relevan
-
Pengalaman guru
-
Lingkungan sekitar
IX.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
Mendeskripsikan sistem
tata surya dan posisi penyusunan tata surya
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
Jawablah pertanyaan
di bawah ini dengan benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan
matahari?
2.
Sebutkan planet-planet dan
benda-benda langit yang beredar mengelilingi matahari!
3.
Jelaskan pengertian dari:
a. Meteor
b.
Komet
c. Asteroid
|
Menyetujui
/Mengetahui Tembilahan,
16 November 2013
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
M.
IZZUDDIN, S.Pd.I
UMI SALAMAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar